Pantau dan Laporkan Banjir Lewat Situs Siagabanjir

JAKARTA, KOMPAS.com - Hujan yang mengguyur Jakarta sejak Minggu (8/2/2015) malam hingga Senin (9/2/2015) pagi menimbulkan genangan air di beberapa tempat. 

Lokasi-lokasi genangan air tersebut bisa dipantau melalui situs siagabanjir.org/peta. Menurut pantauan KompasTekno, sejumlah warga melaporkan genangan air yang merata di seluruh area Jakarta.

Titik-titik lokasi banjir terkonsentrasi di area Jakarta Utara, Pusat, dan Timur.

"#Banjir jalan mangga 11 kedalaman air 30cm, saluran air harus di gali lebih dalam lagi kalau perlu 3m kedalam," demikian laporan akun Twitter @papoiibear yang bisa dilihat di situs tersebut.

Siagabanjir.org adalah peta informasi banjir real-time yang dikembangkan oleh Fauzan Helmi Sudaryanto dkk.

Menurut Fauzan, semua orang bisa berkontribusi menginformasikan lokasi-lokasi genangan air di Jakarta melalui Twitter dengan tagar #SiagaBanjir. Tweet tersebut nantinya akan muncul di peta yang digunakan oleh situs siagabanjir.org/peta

Postingan di Twitter bisa disertai dengan foto agar kondisi banjir bisa dilihat oleh pengakses siagabanjir.org.

Kepada KompasTekno, Fauzan menuturkan bahwa pengguna harus mengaktifkan fitur Geo Location dalam akun Twitter-nya agar lokasi banjir terdeteksi.

"Kalau mau akurat, orang harus menyalakan Geo Location dalam tweet," ujarnya.

Namun, menurut Fauzan, kebanyakan orang di Indonesia enggan menyalakan fitur ini. Sebagai kompensasinya, pengguna yang melaporkan status banjir bisa menuliskan lokasi yang dimaksud di dalam kicauannya.

Saat ini, peta informasi real-time itu bisa diakses melalui komputer desktop atau gadget mobile.

Related Posts:

0 Response to "Pantau dan Laporkan Banjir Lewat Situs Siagabanjir"

Posting Komentar